Injil Agama Kristen PDF Print E-mail
Written by Rev Elyakin Phang Khin Sui   
Monday, 02 June 2014 07:25

Ringkasan Khotbah 25 Mei  Tahun TUHAN 2013

Injil Agama Kristen

I Korintus 15:1-11

Oleh: Pdt. Elyakin Phang

Kita sering membaca di surat kabar, iklan dan papan reklame orang menyampaikan berita gembira misalnya adanya potongan harga (obral) dari supermarket atau departemen store tertentu. Bahkan kita juga melihat ada yang dinamakan kebaktian penyembuhan. Bagi sebagian orang, berita-berita seperti itu adalah kabar baik. Kabar baik yang sesungguhnya untuk manusia adalah Injil yaitu Injil dari agama Kristen.

 

Injil dari agama Kristen terdapat di Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yaitu kabar baik dari Tuhan yang berisi berita tentang Yesus Kristus yang telah diutus datang ke dunia untuk menjadi juruselamat manusia dengan mati dan bangkit untuk menyelamatkan manusia yang telah berdosa (Roma 1:16; 2:4 & I Korintus 15:2).

 

Ada 5 aspek Injil dari agama Kristen, yaitu:

1. Injil Anugerah (Kisah 20:24)

Anugerah adalah sesuatu yang diberikan secara cuma-cuma kepada kita yang tidak layak menerimanya tetapi diberikan oleh Tuhan. Bukan karena kita berjasa atau kita bayar dengan uang maka kita menerima anugerah itu. Roma 11:6 memberitahukan bahwa kita menerima anugerah bukan berdasarkan apa yang kita buat. Kita yang sesungguhnya akan dihukum karena dosa tetapi Tuhan karena anugerah-Nya mengutus Putra-Nya yang tunggal Yesus Kristus yang tidak berdosa menggantikan kita (I Petrus 4:18). Efesus 2:8 mengajarkan bahwa kita diselamatkan karena kita percaya dan anugerah Tuhan diberikan kepada kita secara gratis.

2. Injil Damai (Kisah 10:33)

Injil keselamatan yang Allah anugerahkan kepada kita adalah Injil perdamaian antara manusia dengan Allah  yang diberitakan kepada orang Israel dan kepada seluruh bangsa. Injil damai ini diperlukan setiap manusia. Kalau kita ingin mendapatkan Injil anugerah ini  maka kita harus percaya kepada Yesus satu-satunya perantara yang mendamaikan manusia dengan Allah. Ketika Yesus bangkit dari kematian Ia pertama kali berjumpa dengan murid-murid-Nya di ruang atas dan berkata, “Damai sejatera untuk kalian.” Manusia setiap kali mencari damai. Di bumi ini sudah tidak ada lagi damai. Manusia berusaha keras mencari kekayaan namun tetap tidak mendapatkan damai di hati karena semua yang ada di dunia adalah damai semu. Namun Yesus mengatakan di Yohanes 16:33 bahwa di dalam Dia ada damai karena Dia telah mengalahkan dunia. Dan di Yohanes 14:27 Yesus berkata bahwa damai yang Dia berikan bukan seperti damai yang seperti di dunia. Damai yang sesungguhnya akan kita peroleh ketika kita bertobat dan percaya kepada-Nya.

3.Injil Kemuliaan (I Timotius 1: 11)

Oleh Injil kita diselamatkan sehingga kita disebut sebagai anak-anak Allah yang adalah suatu status yang lebih tinggi dari orang yang belum percaya. “Injil itu mulia, supaya orang yang sudah percaya Yesus diberikan kemulianan oleh Allah.” Oleh sebab itu sebagai anak Tuhan kita harus hidup kudus supaya kita dapat mempertahankan harkat mulia yang telah Allah berikan kepada kita.

4. Injil Kerajaan Sorga (Matius 9:45, Matius 24:14 )

Injil Kerajaan Sorga harus diberitakan ke seluruh dunia. Yohanes Pembaptis berkhotbah, ”bertobatlah kamu  karena kerajaan Allah sudah dekat,” artinya kerajaan sorga sudah ada di tengah-tengah manusia. Ketika berdoa ”datanglah kerajaan-Mu” dalam Doa Bapa Kami, kita mengharapkan kedatangan Kristus kedua kali. Pada saat itu Yesus datang kembali, Allah sendirilah yang akan menjadi rajanya dan rakyatnya adalah setiap orang percaya dan Ia akan secara fisik memerintah atas seluruh bangsa di bumi. Hari ini, Yesus menjadi raja memerintah di hati setiap orang percaya sehingga kita saat ini memiliki 2 kewarganegaraan yaitu WNI dan Warga Kerajaan Sorga. Syarat untuk menjadi Warga Kerajaan Sorga adalah bertobat dan percaya Yesus.

5. Injil Kekal (Wahyu 14:6)

Pada saat Yesus datang kembali, bumi yang penuh dosa ini akan di musnahkan. Matius 4:25 mengatakan  “Langit dan bumi akan berlalu tetapi firman-firman Ku tidak  akan berlalu.” Firman  itu selama-lamanya. Dan Allah akan menjadikan langit dan bumi baru yang kekal. Itulah Injil yang kekal.

Di Matius 28:19-20 Yesus memerintahkan kita untuk pergi dan menjadikan segala bangsa murid-Nya dan Ia berjanji akan menyertai kita sampai kepada akhir zaman. Roma 10:15 juga mencatat bahwa alangkah indahnya kaki-kaki yang membawa berita gembira. Marilah  kita memberitakan Injil mulai dari Yerusalem (rumah kita), Yudea (sekeliling kita), Samaria (orang suku lain) dan sampai ujung bumi (kepada yang belum kita kenal) supaya semakin banyak orang yang diselamatkan. Amin.

Diringkas oleh Ereen, diedit oleh Pipit MJ

 

 

Last Updated on Monday, 02 June 2014 07:35
 
Share