Hari Ibu dan Bapa PDF Print E-mail
Written by Ajin Thu   
Saturday, 06 August 2011 16:45

Ringkasan Khotbah 10 Mei 2009


MENJADI ORANG TUA KRISTEN

Text: Titus 2:4-5; Ulangan 4:9-10; 6:4-9

Pengkhotbah: GI Ajin Thu


Orang tua Kristen haruslah orang tua yang telah bertobat atau yang telah lahir baru. Di dalam Kitab Keluaran 20 dikatakan bahwa orang tua adalah wakil Allah. Menjadi orang tua tidaklah mudah. Banyak kesulitan yang akan dihadapi di dalam membesarkan anak, khususnya di dalam membesarkan anak di dalam kebenaran. Sifat dan ketaatan anak terhadap orang tua zaman sekarang sangat berbeda dengan zaman dahulu. Zaman dahulu, orang tua yang mengatur anak-anak, tetapi zaman sekarang anak-anak sepertinya sudah mau mengatur orang tua. Anak-anak yang seharusnya patuh dan taat kepada orang tua, pada masa sekarang ini telah menjadi banyak yang anti keluarga dan anti orang tua baik di rumah, di sekolah maupun di masyarakat.


Peranan orang tua sangat penting. Terutama sekali orang tua yang mempunyai kerohanian yang baik. Orang tua yang baik haruslah menjadi teladan yang baik. Apa yang diperintahkan Tuhan haruslah diajarkan kepada anak-anak. Semua yang diajarkan haruslah sesuai dengan standar Alkitab. Titus 2:4-5 dengan sangat jelas memberitahukan kepada kita bahwa orang tua harus mengasihi anak-anaknya dengan bijaksana, mengajar dan mendidik mereka. Anak-anak adalah pemberian dari Tuhan (Mazmur 127:3).


Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh orang tua Kristen, yaitu:


1. Orang tua Kristen harus memilih

Orang tua dari harus mempunyai hubungan yang baik dengan anak, menjadi teladan dan contoh yang baik, bisa menciptakan lingkungan yang benar bagi anak. Selain itu orang tua juga harus memberikan perhatian, menyiapkan lingkungan pertumbuhan rohani untuk anak-anak. Tanggung jawab orang tua Kristen adalah harus ikut serta di dalam mendidik anak. Mereka harus hidup sesuai Firman Tuhan supaya dapat menjadi teladan yang baik bagi pertumbuhan kerohanian anak.

2. Orang tua Kristen harus mengajar

Di dalam Perjanjian Lama, Musa mengatakan kepada bangsa Israel tentang tanggung jawab orang tua terhadap anak-anak dan cucu cicit mereka yaitu harus mengajar Firman Tuhan kepada mereka. Sebagai orang tua Kristen, sebenarnya tidak dibutuhkan waktu khusus di dalam mengajar anak-anak. Ulangan 6:7 mengatakan bahwa kita harus mengajar anak pada waktu kita duduk, berjalan, berbaring dan bangun. Mengajar anak adalah melakukan tindakan yang nyata dengan melatih anak-anak sesuai Firman Tuhan.

3. Orang tua Kristen harus disiplin

Pengajaran anak dengan cara mendisipin anak senantiasa mengalami perubahan dari tahun demi tahun. Hanya prinsip pengajaran anak di dalam Alkitab yang tidak pernah mengalami perubahan. Amsal 29:15 mengatakan bahwa tongkat dan teguran mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya. Amsal 15:20, anak yang bijak menggembirakan ayahnya, tetapi orang yang bebal menghina ibunya. Firman Tuhan mengatakan bahwa sebagai orang tua kita haruslah mendisiplin anak dengan tongkat dan teguran. Firman Tuhan sangat berkuasa, banyak yang bisa diubah melalui Firman Tuhan.

Diringkas oleh Ango, diedit oleh PMJ

Last Updated on Thursday, 25 August 2011 05:48
 
Share