He is Risen He Is Not Here PDF Print E-mail
Written by Peter Yoksan   
Saturday, 06 August 2011 16:36

Ringkasan Khotbah 12 April 2009

 

DIA TELAH BANGKIT, DIA TIDAK DI SINI

Text: Markus 16:1-18

Pengkhotbah: GI Peter Yoksan

 

Hanya Alkitab yang menyaksikan terjadinya kebangkitan. Sejak manusia jatuh ke dalam dosa, kematian manusia adalah hal biasa. Adam dan Hawa menyaksikan putra ke 2 mereka yaitu Habel dibunuh oleh abangnya Kain (Kej. 4). Di Perjanjian Lama, sebelum adanya peristiwa kebangkitan, Abraham dan Ayub telah percaya adanya kebangkitan (Ay 19:25,Ibr 12). 


Di dalam Alkitab, ada 7 kali tercatat tentang orang mati yang dibangkitkan.
 Di Perjanjian Lama ada dua kali, yaitu: 1) Allah membangkitkan seorang anak muda melalui Nabi Elia (I Raja-raja 17:21-22) & 2) Allah membangkitkan seorang anak yang sudah mati melalui Nabi Elisa (II Raja-raja 4:35). Di Perjanjian Baru, ketika Yesus melayani dan zaman rasul ada 5 kali, yaitu: 3) Yesus membangkitkan putra tunggal seorang janda di Naim (Luk. 7:11;. 4) Yesus membangkitkan putri Yairus (Luk. 8:54-55);  5)Yesus membangkitkan Lazarus yang sudah mati 4 hari (Yoh. 11:43-44;. 6) Rasul Petrus membangkitkan Dorkas (Kis. 9:40-41) & 7) Rasul Paulus membangkitkan Eutikhus (Kis. 20:10). Kebangkitan mereka bersifat sementara. Setelah bangkit mereka kemudian mati lagi, Yesus sekali bangkit hidup sampai selamanya.


               
Terdapat banyak saksi  kematian Yesus, yaitu: 1) 3 ucapan dari 7 ucapan Yesus di kayu salib (“Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?”, “Sudah selesai” & “KepadaMu Kuserahkan nyawaKu”); 2) Alam juga menjadi saksi (terjadi gelap gulita, gempa bumi, kuburan terbuka dan tirai di Bait Allah terbelah menjadi dua); 3) Pengakuan kepala pasuakan seratus (“Sungguh orang ini adalah Anak Allah”); 4) Tentara-tentara yang menyalibkan Yesus (menusukkan tombak ke lambung sampai ke jantung Yesus sehingga keluarlah darah dan air. Ini menandakan Yesus sudah mati karena orang yang masih hidup jika ditusuk demikian maka akan keluar hanya darah);  5) Wanita-wanita yang disebut di Markus 16 (mereka juga adalah saksi penguburan Yesus karena pagi-pagi buta mereka datang ke kubur Yesus); 6) Yusuf Arimatea dan Nikodemus (meminta izin Pilatus untuk menguburkan Yesus).


Setelah bangkit, Yesus menampakkan diri sebanyak 10 kali kepada para murid: 1) Rombongan wanita; 2) Maria Magdalena; 3) dua murid ke Emaus; 4) Petrus; 5) 10 murid di Yerusalem; 6) 11 murid di Yerusalem, ada Tomas; 7) tujuh murid (Petrus, Tomas, Natanael, Yakobus & Yohane & murid tanpa nama) di tepi laut Tiberias; 8) 11 rasul  & 500 orang di Galilea (Amanat Agung);  9) Yakobus (1 Kor 15:7) 10) Bukit Zaitun saat Yesus naik ke sorga.


Makna kebangkitan Yesus dari Markus 16:1-18 adalah:  1) Mereka diberi pernyataan oleh malaikat-malaikat kemenangan kekal yang telah diraih oleh TUHAN YESUS bahwa Dia telah bangkit [oleh Bapa (Gal. 1:1); oleh Roh Kudus (Roma 8:11) dan oleh DiriNya Sendiri (Yoh. 10:18)]. Roh Allah Putra kembali ke tubuh yang mati terkubur karena mati disalib. Dia bangkit kembali dan Dia tidak  di sini. 2) Pergilah ke Galilea dan beritakan kebangkitan Yesus kepada murid-murid lain dan juga Petrus.  Setelah pengumuman ini dan pengumuman kenaikan TUHAN YESUS ke sorga, pemberitaan tentang Yesus seluruhnya dilakukan oleh orang-orang percaya, bukan lagi oleh para malaikat.


Kebangkitan Yesus menjamin bahwa iman kita di dalam Dia tidak sia-sia. Dia akan datang kembali untuk memberikakan kita tubuh yang mulia.


 
Diringkas oleh Ango,  diedit oleh PMJ

 
Share