Tujuh Karakter Jantung Orang Percaya PDF Print E-mail
Written by Peter Yoksan   
Saturday, 06 August 2011 16:32

Ringkasan Khotbah 05 April 2009

 

TUJUH SIFAT JANTUNG ORANG PERCAYA

Text: Lukas 10:27

Pengkhotbah: GI Peter Yoksan

 

Kira-kira 3000 tahun yang lalu, Allah mengutus Nabi Samuel ke kota Bethlehem ke dalam keluarga Isai untuk mengurapi salah satu putra Isai menjadi raja menggantikan Raja Saul yang telah tidak taat kepada Allah. Allah tidak memberitahukan putra Isai yang mana yang harus diurapi dan ketika Samuel bertemu putra pertama Isai, Samuel hendak langsung mengurapinya karena perawakannya yang tegap dan tinggi besar tetapi Allah berkata tidak kepada Samuel. Manusia melihat apa yang di luar namum Tuhan melihat hati manusia.


Ada
7 sifat jantung orang percaya:


1.      
Jantung yang lahir baru (Yoh. 3:3)

 Manusia selalu menyukai barang yang baru namun segala sesuatu yang baru pasti menjadi usang di dunia ini. Hanya satu-satunya yang tetap yaitu lahir baru. Orang yang lahir baru adalah ciptaan baru karena setiap hari diperbaharui oleh Allah.


2.
 Jantung yang baik (I Tim. 1:5)

Setelah percaya Tuhan maka jantung kita akan menjadi baik dan kudus (Mat. 5:8). Ada suatu traktat yang bergambar sebuah jantung yang di dalamnya terdapat gambar burung merak (sombong), kambing (keras kepala), babi (malas/rakus/kotor), kura-kura (lamban), harimau (ganas/kejam), ular (penipu/licik) & kodok (suka gossip/banyak mulut). Kalau ada firman Tuhan di dalam jantung kita maka otomatis semua binatang itu akan pergi.


 
3.  Jantung yang kudus (Mat. 5:8)

Dari jantung timbul segala pikiran jahat (Markus 7:21-23). Untuk memperoleh jantung kudus, satu-satunya cara hanyalah percaya kepada Tuhan Yesus.


4.
  Jantung yang merendahkan diri (Mat. 11:29)

Jantung yang merendahkan diri adalah seperti jantung Tuhan Yesus. Rendah jantung artinya siap menjalankan setiap perintah Tuhan.


5.
  Jantung yang bermurah (Luk. 6:36)

Orang yang bermurah hati adalah orang yang selalu ingin membantu sesamanya, tidak egois. Kisah orang yang bermurah hati terdapat di dalam Lukas 10 dimana seorang Samaria menolong seorang Israel yang dirampok dan ditinggalkan hampir mati di tengah jalan. Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati (Luk. 10:33).


6.  Jantung yang lemah lembut (Mat. 11:29)

Lawan jantung yang lemah lembut adalah jantung yang keras seperti jantungnya Firaun. Tuhan  sembilan kali membuat jantung Firaun menjadi keras. Orang yang paling lemah lembut adalah Musa. Meskipun orang Israel memberontak kepadanya, ia selalu berdoa untuk mereka.


7
.  Jantung yang waspada  (Amsal 4:23)

Jantung yang waspada artinya jantung yang tidak dipengaruhi oleh dunia tetapi dipengaruhi oleh Firman Tuhan (Maz. 57:8). Lawan dari jantung yang waspada adalah jantung yang bercabang (Yak. 1:8; 4:8). Orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.


               
Semoga setiap kita yang telah percaya memiliki ke tujuh sifat jantung di atas, yaitu jantung yang sehat secara rohani setiap hari. Amin.
 


 
Diringkas oleh Akhiong,  diedit oleh PMJ

 
Share