Ibadah Rohani PDF Print E-mail
Written by Peter Yoksan   
Saturday, 06 August 2011 15:00

Ringkasan Khotbah 15 Februari 2009

 

IBADAH  KRISTEN

  Nehemia 8

Pengkhotbah: GI Ajin Thu

 

Firman Tuhan hari ini difokuskan pada ayat 6-7 dan diberi tema “Ibadah Kristen” karena banyak ibadah pada zaman sekarang yang tidak Alkitabiah dan benar lagi. Nehemia 8 menggambarkan suatu kebangunan rohani. Hal itu terjadi setelah mereka keluar dari pembuangan. Ibadah adalah aneka tindakan  dan sikap yang menghargai dan menghormati kelayakan Allah pencipta semesta langit dan bumi. Ibadah harus berpusat kepada Allah bukan kepada manusia. Ibadah yang bukan berpusat kepada Allah yang benar adalah melanggar Sepuluh Perintah. Dalam ibadah Kristen kita meghampiri Allah dengan bersyukur. Kenapa? Karena Allah telah melakukan sesuatu yang besar untuk hidup kita melalui Yesus Kristus yang telah mengorbankan hidupNya untuk kita. Ibadah juga menuntut pengakuan kita bahwa Allah adalah Tuhan kita. Ada 4 hal yang berhubungan dengan ibadah yang akan diperhatikan yaitu:

  1. Sejarah Singkat Ibadah Kepada Allah Yang Benar

Manusia mulai menyembah kepada Allah yang benar sejak awal sejarah yaitu zaman Adam dan Hawa (Kej. 3:8), zaman Kain dan Habel (Kej. 4), zaman Nuh (Kej. 8:20) dan zaman Abraham. Ibadah yang lebih teratur terlihat ketika orang Israel keluar dari Mesir yang dikenal sebagai jemaat padang gurun. Ibadah kemudian dipusatkan di Yerusalem. Pada tahun 586 SM bait Allah di Yerusalem dimusnahkan. Kemudian didirikanlah sinagoge. Ibadah gereja mula-mula dilaksanakan di Yerusalem (Lukas 1:16). Ibadah juga dilaksanakan di rumah-rumah pribadi (Kisah Para Rasul 2:46-47). Kita perlu beribadah di gereja karena gereja merupakan tempat resmi untuk beribadah. Orang Kristen beribadah pada hari Minggu untuk memperingati kebangkitan Kristus. Kita harus belajar menghargai Firman Tuhan di dalam ibadah. Ketika Firman Tuhan diberitakan, kita harus terima dengan baik. Pikirkan dan renungkan serta praktekkan di dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Ungkapan-Ungkapan Di Dalam Ibadah Kristen

 Prinsip-prinsip pokok di dalam Ibadah Kristen yaitu a) Penyembahan dalam roh dan kebenaran (Yoh. 2:24); b) Memberikan persembahan; c) Pujian/nyanyian: d) Doa; e) Pembacaan Firman Tuhan.

       3.    Berkat Allah Bagi Ibadah Yang Sejati

a) Tuhan menyertai penyembah yang sejati (Mat. 18:20, Wahyu 3:20); b) Allah menaungi umatNya dengan kemuliaanNya; c) Allah melimpahkan hujan berkat dengan damai sejahtera & sukacita; d) Tuhan mendengar dan menjawab doa; e) Allah memenuhi umatNya dengan pimpinan Roh Kudus; f) Allah menguduskan; g) Allah menginsafkan orang berdosa

Jika kita menyembah dan beribadah dengan benar maka kita akan memperoleh berkat rohani dari Allah.

  1. Penghalang-Penghalang Di Dalam Ibadah Yang Sejati

Penghalang terjadi jika: a)  ibadah hanya sekedar upacara keagamaan dan ucapan bibir. b) gaya hidup yang penuh kompromi, dosa dan kebejatan.

 Diringkas oleh Corry, diedit oleh PMJ

 
Share