SIAPAKAH ALLAH ITU? PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Thursday, 17 December 2009 21:10

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (11/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-11 dari 90 Hari)

SIAPAKAH ALLAH ITU?
MAZMUR 96
Yohanes 4:24

"Sebab TUHAN maha besar dan terpuji sangat."


Deskripsi terbaik untuk Allah terdapat di dalam Katekismus Singkat Westminster, Pertanyaan 4: "Siapakah Allah itu? Allah adalah roh, tidak terbatas, kekal dan tidak berubah di dalam keberadaan, hikmat, kuasa, kekudusan, keadilan, kebaikan dan kebenaran-Nya.


Terdapat sebuah kisah yang menggugah di balik jawaban ini, yang diceritakan oleh William M. Hetherington: "Ada sebuah anekdot berkaitan dengan perumusan Katekismus Singkat, yang sangat menarik dan indah sehingga tidak boleh dihilangkan. Pada salah satu pertemuan awal komite Westminster, topik pembicaraannya adalah membuat kerangka jawaban untuk pertanyaan, "Siapakah Allah itu?" Masing-masing anggota merasakan betapa agung dan tidak terjangkaunya ide tentang Allah yang disarankan di dalam pertanyaan tersebut; tetapi siapa yang bisa mencoba untuk mengungkapkannya dengan bahasa manusia? Semua pihak menarik diri dari tugas yang kudus ini dengan perasaan gentar, dengan rasa takut yang penuh penghormatan. Setelah pembicaraan panjang lebar akhirnya diputuskan, sebagai ungkapan kerendahan hati komite tersebut, bahwa anggota termudalah yang harus mengusahakan jawabannya. Anggota ini menolak dengan rendah hati, tetapi akhirnya dengan segan menerimanya; tetapi sebelumnya dia memohon para saudara seiman agar terlebih dahulu bersatu di dalam doa bersamanya untuk memohon pencerahan ilahi. Kemudian dengan perlahan dan penekanan yang saleh dia memulai doanya: "Ya Tuhan, Engkau roh, tidak terbatas, kekal, dan tidak berubah, di dalam keberadaan, hikmat, kuasa, kekudusan, keadilan, kebaikan dan kebenaran-Mu." Ketika dia berhenti, kalimat pertama dari doanya segera dituliskan oleh salah satu saudara, yang kemudian dibacakan dan diterima sebagai jawaban yang paling sempurna yang bisa dicapai manusia, yang dalam pengertian yang kudus memang merupakan jawaban Allah sendiri, yang dikaruniakan kepada doa dan di dalam doa, mendeskripsikan diri-Nya sendiri. Siapakah anggota termuda dari komite ini? Ketika kita membandingkan tanggal kelahiran dari masing-masing anggota komite, kita menemukan bahwa George Gillespie adalah yang termuda dengan perbedaan usia 12 tahun. Maka kita bisa dengan pasti mengatakan bahwa George Gillespie adalah anggota yang secara rohani dibimbing untuk memberikan kerangka jawaban yang luar biasa ini tanpa disadarinya.

RENUNGKAN
'Seperti lalat yamg mencoba mereguk samudra, seperti itulah ciptaan yang terbatas memahami Allah yang kekal (Spurgeon) .


DOAKAN
"Ya Tuhan, Allahku, betapa agung Engkau!"

 
Share