EKSISTENSI ALLAH (II) PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Thursday, 17 December 2009 20:33

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (6/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-6 dari 90 Hari)

EKSISTENSI ALLAH (II)
MAZMUR 19
Mazmur 8

"Langit menceritakan kemuliaan Allah."


Alam semesta ciptaan ini menyatakan 4M (mewahyukan) rancangan dan tujuan Allah. "Dia yang menanamkan telinga, masakan tidak mendengar? Dia yang membentuk mata, masakan tidak memandang?"(Mzm. 94:9). Argumentasi yang tersirat di sini sebenarnya cukup jelas. Apakah kita bisa mempercayai bahwa keberadaan indera-indera kita yang jelas memiliki tujuan ini bisa dijelaskan tanpa adanya satu Penentu Tujuan yang cerdas?

"Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya hari meneruskan berita itu kepada hari,  dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam" (Mzm. 19:2-3). Melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan: Apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?" (Mzm. 8:4-5). Rasul Paulus menggunakan argumentasi-argumentasi ini di dalam surat kepada jemaat di Roma: "Sebab murka Allah nyata dari sorga atas segala kefasikan dan kelaliman manusia, yang menindas kebenaran dengan kelaliman. Karena apa yang dapat mereka ketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah menyatakannya kepada mereka. Sebab apa yang tidak nampak dari padaNya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih. Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap. Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh" (Rm. 1:18-22).

Di dalam ayat-ayat ini kita memiliki pernyataan yang gamblang bahwa alam semesta ciptaan ini merupakan bukti yang memadai untuk kuasa yang kekal dan sifat ilahi yang dimiliki Allah.


RENUNGKAN
Jika tardapat rancangan, tentulah tardapat Perancang.

DOAKAN
Ya Tuhan! Engkaulah yang telah menciptakan segala sesuatunya!

 
Share