PRASYARAT UNTUK MENGENAL ALLAH (III) PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Thursday, 17 December 2009 18:31

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (3/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-3 dari 90 Hari)


PRASYARAT UNTUK MENGENAL ALLAH (III)
MAZMUR 119:97-104
Yohanes 2:20-27

"Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan."


Aspek yang menjadikan teologi jauh melampaui semua cabang studi ilmiah adalah ajaran Roh Kudus yang lebih tinggi.  "Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya"(1YOh 2:20).  "Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari padaNya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia" (1 Yoh. 2:27).


Bagaimana kita menerima pengurapan dari Dia yang Kudus? Bagaimana kita mendapatkan pengurapan yang kita perlukan, bahwa bukan manusia yang mengajari kita? Dengan menjadi murid yang saleh dari Alkitab. Dengan menjadi pembaca Alkitab yang teratur, siang dan malam, dan merenungkannya, agar kita dimampukan untuk "menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh"(1 Kor. 2:13). Dr. John Sung membaca 11 pasal dari Alkitab pada hari-hari biasa dan 13 pasal pada Hari Tuhan. Tidak heran bahwa kuasa pemberitaannya telah membawa ratusan ribu orang kepada Kristus. (Baca buku karya Timothy Tow, John Sung My Teacher [Singapore: Christian Life Publishers, 1985].) Demikian juga kesaksian pemazmur,  "Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari. Perintah-Mu membuat aku lebih bijaksana dari pada musuh-musuhku, sebab selaa-lamanya itu ada padaku. Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan" (Mzm. 119:97-99).


Bagaimana Calvin bisa mengungguli semua teolog lainnya? Dengan pengetahuannya tentang Alkitab yang superior yang terpancar di seluruh bagian bukunya, The Institutes of the Christian Religion. Dia melampaui semua teolog lain karena dia adalah teolog yang Alkitabiah.

Dr. William Lyon Phelps dari Yale University pernah berkata, "Pengetahuan Alkitab tanpa pendidikan tinggi adalah lebih baik daripada pendidikan tinggi tanpa Alkitab." Kami ingin mendorong Anda, yang meskipun tidak memiliki gelar dari sekolah tinggi,  untuk langsunq masuk ke dalam studi teologi. Seperti kata-kata dorongan Paulus kepada Timotius,"Ingatlah juga bahwa dari  kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.(2Tim. 3:15).


RENUNGKAN
"Alkitab berisi segala sesuatu yang dibutuhkan orang Kristen"(Mc. Intire)

DOAKAN
"Tuhan... perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal"

 
Share