PRASYARAT UNTUK MENGENAL ALLAH (II) PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Thursday, 17 December 2009 18:15

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (2/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-2 dari 90 Hari)

PRASYARAT UNTUK MENGENAL ALLAH (II)
2 TIMOTIUS 2:1 -15
2 Petrus 2:1

"Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah."

Orang-orang Kristen nominal (= Kristen KTP) bisa belajar di seminari berhaluan liberal atau modernistis dan mendapat gelar Ph.D untuk bidang teologi.  Tetapi mereka akan keluar dan berkhotbah tentang diri mereka sendiri, bukan tentang Tuhan Yesus Kristus. Mereka akan menjadi tuan atas jemaat mereka dengan ide-ide hasil imajinasi mereka sendiri, "bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka"(2Ptr. 2:1). Sedangkan penekanan kita yang saleh adalah: "Sebab bukan diri kami yang kami beritakan, tetapi Yesus Kristus sebagai Tuhan, dan diri kami sebagai hambamu karena kehendak Yesus" (2Kor. 4:5). Maka adalah sangat penting dan mendasar bagi kita untuk memeriksa anutan yang dimiliki seorang guru teologi.


Seorang guru teologi bukan saja harus merupakan seorang yang telah lahir barn, tetapi juga seorang yang telah mendapat amanat untuk mengajar, seperti Timotius mendapatkan dari Paulus, "Apa yang telah  engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain" (2Tim. 2:2).


Adalah teramat penting bahwa seorang guru teologi harus terlebih dahulu diperiksa dan diuji secara menyeluruh sebelum dia diterima sebagai pengajar di Sekolah Alkitab atau Seminari. "Tidak tahukah kamu, bahwa sedikit ragi mengkhamiri seluruh adonan?" (11 Kor. 5:6). Fuller Seminary yang didirikan pada tahun 1947 oleh Charles Fuller yang berpegang kepada Zaman Kebangkitan Rohani Lama, akhirnya tunduk kepada liberalisme hanya dalam waktu beberapa tahun. Princeton Seminary, meskipun pernah terbukti sebagai benteng iman sejak berdirinya pada tahun 1812, akhirnya runtuh pada tahun 1920, meskipun memiliki tokoh seperti J. Gresham Machen.


RENUNGKAN
"Serangan terhadap Alkitab yang kita sangka datamg dari penyesat-penyesat yamg berada di luar ternyata justru terdengar dari mimbar-mimbar yang terhormat."

DOAKAN
Tuhan karuniakanlah kepada kami pengkhotba-pengkhotba dan guru-guru FirmanMu yang setia.

 
Share