ROH KUDUS MENGESAHKAN KITAB SUCI (I) PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Sunday, 02 May 2010 14:11

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA 84/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-84dari 90 Hari)

 

 

ROH KUDUS MENGESAHKAN KITAB SUCI (I)

"Kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus."

1 KORINTUS 2:1-16
1 Yohanes 2:20

 


Akitab ditulis dengan pengilaman Roh Kudus. Alkitab adalah Kitab yang dinafaskan Allah.Jika Roh Kudus tidak mengesahkan Kitab Suci ini di dalam hati kita, kita tidak akan tunduk kepada otoritas Alkitab.

Calvin berkata, "Otoritas Alkitab harus dibangun oleh kesaksian Roh Kudus. Karena jika hanya Allah yang merupakan Saksi yang memadai bagi diri-Nya sendiri di dalam FirmanNya sendiri, maka Alkitab tidak akan pernah mendapatkan keyakinan dalam hati manusia sampai hati manusia diteguhkan oleh kesaksian internal oleh Roh. Maka adalah niscaya bahwa Roh yang sama ini, yang berbicara melalui mulut-mulut para nabi, harus menembus hati kita, untuk meyakinkan kita bahwa mereka telah dengan setia menyampaikan ucapanucapan yang secara ilahi dipercayakan kepada mereka. Dan hubungannya diungkapkan dengan baik oleh kata-kata, "Roh-Ku yang menghinggapi engkau dan firman-Ku yang Kutaruh dalam mulutmu tidak akan meninggalkan mulutmu dan mulut keturunanmu dan mulut keturunan mereka, dari sekarang sampai selama-lamanya, firman TUHAN" (Yes. 59:21).

"Merupakan satu kebenaran yang tidak terbantah, bahwa orang-orang yang telah diajari secara batiniah oleh Roh merasakan pengenalan yang akrab dengan Alkitab, dan bahwa Alkitab mengesahkan dirinya sendiri, membawa bukti-bukti bagi dirinya di dalam dirinya sendiri. Otoritas Alkitab dengan demikian tidak bisa ditundukkan kepada pendemonstrasian dan argumentasi-argumentasi rasio. Hanya orang-orang yang dicerahkan oleh Roh Kudus bisa mempercayai asal-usal ilahi Alkitab.

"Hal ini, yang telah saya katakan, adalah apa yang dialami setiap orang percaya di dalam hatinya. Itu sajalah yang merupakan iman sejati, yang dimeteraikan Roh Allah di dalam hati kita, seperti dinubuatkan Yesaya, bahwa, 'Semua anak'dari Gereja yang telah diperbaharui 'akan menjadi murid TUHAN' (Yes. 54:13). Iman ini, yang diberikan Roh Kudus ke dalam hati kita, Allah berkenan untuk mengaruniakannya hanya kepada kaum pilihan-Nya, dan bukan kepada semua manusia. Maka adalah tidak mengejutkan bahwa kita melihat begitu banyak ketidaktahuan dan kebodohan di antara manusia yang bebal" (Timothy Tow, An Abridgment of Calvin's Institutes of the Christian Religion, 20-21).


RENUNGKAN
Tanpa Roh Kudus kita tidak akan pernah percaya kepada Alkitab.       

DOAKAN

Tuhan, kiranya Roh-Mu. mengarunikan kepadaku iman kepada Firman-Mu.

 
Share