BAGAIMANA KITA TAHU ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH (I) PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Tuesday, 27 April 2010 21:27

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (76/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-76 dari 90 Hari)

 

BAGAIMANA KITA TAHU ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH (I)

"Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu."

MAZMUR 119:1-16
Matius 5:18


Alkitab adalah sebuah ensiklopedia. Alkitab bukan hanya sebuah buku sumber tentang perkara-perkara iman tetapi juga buku sumber untuk perkara-perkara pengetahuan. Alkitab adalah satu-satunya perbendaharaan pengetahuan yang benar yang telah Calvin definisikan sebagai pengetahuan akan Allah dan manusia!

Alkitab adalah Kebenaran yang tidak berubah. Buku-buku sekuler dalam bidang sains atau seni membutuhkan terbitan edisi baru agar bisa tetap mengikuti perkembangan zaman. Namun tidaklah demikian halnya dengan Alkitab. Apakah Anda menyadari bahwa Alkitab tidak memerlukan edisi baru? Alkitab adalah buku tertua, tetapi senantiasa baru.

Alkitab berisi pernyataan terhebat yang pernah dibuat tentang pengetahuan. Yesus berkata, "Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu" (Yoh. 8:32). Jika Anda telah percaya kepada Tuhan Yesus dan mengetahui sepersepuluh dari Alkitab, anda lebih dicerahkan daripada para ilmuwan atau ahli pendidikan yang tidak percaya. Dr. William Lyon Phelps dari Yale University telah menyatakan pengamatan berikut, "Memiliki pengetahuan Alkitab tanpa pengetahuan lainnya adalah lebih baik daripada memiliki pengetahuan lainnya tanpa pengetahuan Alkitab." Apa yang menyebabkan pendidik yang tersohor ini berpendapat demikian? Ini pasti dikarenakan fakta bahwa dia mengakui Alkitab sebagai sebuah Kitab yang super, Kitab yang supranatural, Kitab yang Allah berikan kepada manusia.
Bagaimana kita tahu Alkitab adalah Firman Allah? Ketika kita berkata Alkitab adalah Firman Allah, kita tidak memiliki maksud seperti para sarjana aliran lnjili Baru yang berkata bahwa Alkitab adalah Firman Allah yang tidak mengandung kesalahan ketika menyangkut perkara-perkara iman, tetapi tidak demikian jika menyangkut perkara-perkara ilmu pengetahuan,sejarah, geografi dan bahasa. Ajaran palsu ini diringkaskan di dalam doktrin terkutuk yang menentang Firman Allah yang dinamakan "ketidakbersalahan terbatas." Ajaran yang terkutuk ini harus kita singkapkan kemanapun kita pergi. Ketika kita berkata bahwa Alkitab adalah Firman Allah, kita maksudkan apa yang telah Tuhan nyatakan dengan tegas. Alkitab adalah benar dan tidak berubah bahkan sampai kepada huruf-hurufnya (baca Mat. 5:18).

RENUNGKAN
Alkitab memiliki kredensial-kredensialnya sendiri dam dituliskan untuk dibaca oleh manusia biasa, agar dengan membacanya manusia bisa percaya kepada berita keselamatan yang disampaikan dan menerima karunia kehidupan kekal dan dilahirkan kembali." (Mc.Intire).

DOAKAN
Tuhan, aku percaya Firman-Mu sampai kepada iota dan titiknya.

 
Share