MUJIZAT YANG ALKITABIAH (I) PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Wednesday, 21 April 2010 18:21

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (66/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-66 dari 90 Hari)

 

MUJIZAT YANG ALKITABIAH (I)

"Supaya mujizat-mujizat yang Kubuat bertambah banyak di tanah Mesir"

1 SAMUEL 16:1-13
Efesus 6:10-1 8

Kata "mujizat" (Latin, miraculum) secara harafiah berarti suatu peristiwa yang luar biasa atau sebuah peristiwa yang menyebabkan ketakjuban. Di dalam konteks Kristen, mujizat adalah:
1. sebuah peristiwa yang di luar kelaziman' yang tidak bisa dijelaskan berdasarkan kekuatan-kekuatan alam yang biasa.
2. sebuah peristiwa yang menyebabkan para pengamat mengasumsikan suatu penyebab berpribadi yang melampaui manusia, dan
3. sebuah peristiwa yang membentuk bukti (sebuah "tanda") yang memiliki implikasiimplikasi yang jauh lebih luas daripada peristiwa itu sendiri.

Sebagian besar mujizat yang tercatat di dalam Alkitab masuk ke dalam tiga kurun waktu. Pertama adalah mujizat-mujizat pada peristiwa eksodus: semak menyala, sepuluh tulah atas Mesir, berbagai mujizat antara terbelahnya Laut Merah sampai penyeberangan sungai Yordan, runtuhnya Yerikho dan pertempuran Gibeon.

Kurun waktu pertama tentang mujizat-mujizat ini terjadi pada masa depresi rohani yang hebat. Bangsa yang tengah diperbudak di Mesir itu telah melupakan nama Yahweh Allah mereka. Hanya dikarenakan anugerah, Allah mengeluarkan mereka, membentuk mereka menjadi sebuah bangsa di Sinai, dan membawa mereka ke tanah perjanjian. Di dalam seluruh sejarah selanjutnya, bangsa Allah ini melihat ke belakang kepada mujizat-mujizat selama eksodus sebagai sebuah prototype (contoh, bayangan) dari keselamatan ilahi.

Setelah kurun waktu pertama ini tibalah periode panjang berupa penurunan hidup kerohanian di bawah kepemimpinan para hakim dan kemudian kebangkitan iman yang saleh di bawah Daud dan Salomo. Selama masa ini mujizat begitu sedikit. Allah bukan membiarkan diri-Nya tanpa saksi, tetapi karya mujizat bukanlah metode yang dipilih-Nya.

RENUNGKAN

Allah Alkitab adalah Allah atas Mujizat.

DOAKAN
Aku memuji Engkau, ya Tuhan, karena Engkau Allah atas mujizat-mujizat dan bahwa tidak ada yang mustahil bagi-Mu.

 
Share