PROVIDENSI KHUSUS DAN ANUGERAH UMUM PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Wednesday, 21 April 2010 17:43

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (62/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-62 dari 90 Hari)

 

PROVIDENSI KHUSUS DAN ANUGERAH UMUM

"Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu."

MATIUS 6:24-34
Matius 5:43-47

Providensi umum Allah di dalam menopang proses-proses alam dan pemeliharaan bagi ciptaan non-manusia digunakan sebagai argumentasi bagi keyakinan akan providensi khusus Allah bagi anak-anak-Nya. "Perhatikanlah burung-burung gagak yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mempunyai gudang atau lumbung, namun demikian diberi makan oleh Allah. Betapa jauhnya kamu melebihi burung-burung itu!"(Luk. 12:24). "Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?...Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah la akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?"(Mat. 6:26,30).


Providensi umum Allah tercakup di dalam anugerah umum dan tersedia bagi manusia secara merata, "Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang balk dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar" (Mat. 5:45). "Namun Ia bukan tidak menyatakan diri-Nya dengan berbagai-bagai kebajikan, yaitu dengan menurunkan hujan dari langit dan dengan memberikan musim-musim subur bagi kamu. la memuaskan hatimu dengan makanan dan kegembiraan" (Kis. 14:17). "Dan juga tidak dilayani oleh tangan manusia, seolah-olah la kekurangan apa-apa, karena Dialah yang memberikan hidup dan nafas dan segala sesuatu kepada semua orang. Dad satu orang saja la telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi dan Ia telah menentukan musim-musim bagi mereka dan batas-batas kediaman mereka, supaya mereka mencari Dia dan mudah-mudahan menjamah dan menemukan Dia, walaupun la tidak jauh dari kita masing-masing. Sebab di dalam Dia kita hidup. kita bergerak, kita ada, seperti yang telah juga dikatakan oleh pujangga-pujanggamu: Sebab kita ini dari keturunan Allah juga." (Kis. 17:25-28).

RENUNGKAN

Allah merangkul kita dengan penuh kasih di dalam Kristus sehingga Dia mengubah segala hal yang menimpa kita menjadi kebaikan dam kesejahteraan bagi kita" (Calvin).

DOAKAN

Bapa di dalam sorga, aku bersyukur kepadaMu. karena anugerah khusus dan rahmat-Mu. bagi semua anak-Mu.

 
Share