PROVIDENSI ALLAH PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Wednesday, 21 April 2010 17:41

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (61/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-61 dari 90 Hari)

 

PROVIDENSI ALLAH

"segala sesuatu ada di dalam Dia."

NEHEMIA 9:6
Kolose 1:17


"Karya providensi Allah adalah pemeliharaan dan    pemerintahan-Nya yang mahakudus, penuh hikmat dan berkuasa atas segenap ciptaan-Nya dan semua tindakan mereka" (Katekismus Singkat Westminster, Pertanyaan 11).

Allah bukan hanya Pencipta segala sesuatu, tetapi Dia terus menopang dan mengatur segenap ciptaan-Nya. Kristus dikatakan sebagai Dia yang "menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan"(lbr. 1:3). Dia yang di dalamnya "segala sesuatu ,ada atau yang di dalam-Nya segala sesuatu memiliki integrasi yang teratur (Kol. 1:17). Nehemia menyatakan dengan frasa yang luar biasa tentang pemeliharaan dan pemerintahan Allah atas segala sesuatu— "Hanya Engkau adalah TUHAN! Engkau telah menjadikan langit, ya langit segala langit dengan segala bala tentaranya, dan bumi dengan segala yang ada di ,atasnya, dan laut dengan segala yang ada di dalamnya. Engkau memberi hidup kepada semuanya itu dan bala tentara langit sujud menyembah kepada-Mu"(Neh. 9:6).

Ayub memperhitungkan pujian yang sama kepada Allah. "Tetapi bertanyalah kepada binatang, maka engkau akan diberinya pengajaran, kepada burung di udara, maka engkau akan diberinya keterangan. Atau bertuturlah kepada bumi, maka engkau akan diberinya pengajaran, hahkan ikan di laut akan bercerita kepadamu. Siapa di antara semuanya itu yang tidak tahu, bahwa tangan Allah yang melakukan itu; bahwa di dalam tangan-Nya terletak nyawa segala yang hidup dan nafas setiap manusia?" (Ayb 12:7-10).


Allah bukan hanya menciptakan tetapi juga mempertahankan dan menopang seluruh dunia ini. Setelah karya penciptaan-Nya, Allah tidak mengambil cuti.

RENUNGKAN
Providensi Allah berlawanan dengan nasib dan tahyul.

DOAKAN

Tuhan,terima  kasih karena Engkau selalu bberkarya menggenapkan tujuan-Mu atas dunia.

Last Updated on Thursday, 22 April 2010 18:15
 
Share