KEHENDAK KOOPERATIF ALLAH PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Tuesday, 30 March 2010 16:42

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (55/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-55 dari 90 Hari)

KEHENDAK KOOPERATIF ALLAH

"TUHAN telah menuntun aku di jalan."

KEJADIAN 24:1-28
Matius 6:33


Setelah yakin akan arahan Tuhan bagi hidup kita, dan kita berusaha untuk menjalankan kehendakNya sebaik mungkin, Dia pasti akan memberkati ita dan memimpin kita kepada keberhasilan. Pertolongan ilahi-Nya kita sebut kehendak kooperatif Allah.


ontoh klasik dari kehendak kooperatif Allah yang memberikan keberhasilan bagi usaha-usaha kita bisa diambil dari Kejadian 24. Di sini kita melihat Abraham memerintahkan hambanya yang paling tua untuk pergi ke kampung halamannya untuk mencari istri bagi anaknya Ishak. Ketika hamba itu tiba di kampung halaman Abraham, karena dia adalah )rang asing di tanah itu, dia berdoa memohon terjadinya dua perkara sebagai penegasan dari Tuhan: "Kiranya terjadilah begini: anak gadis, kepada siapa aku berkata: Tolong miringkan buyungmu itu, supaya aku minum, dan yang menjawab: Minumlah, dan unta-untamu juga akan kuberi minumódialah kiranya yang Kautentukan bagi hamba-Mu, Ishak; maka dengan begitu akan kuketahui, bahwa Engkau telah menunjukkan kasih setia-Mu kepada tuanku itu" (Ay. 14). Dan Ribka, putri saudara Abraham, tiba di tempat itu dan melakukan persis seperti yang didoakan hamba tersebut. Atas kejadian ini si hamba bersujud dan menyembah Tuhan, -Terpujilah TUHAN, Allah tuanku Abraham, yang tidak menarik kembali kasih-Nya dan setia-Nya dari tuanku itu; dan TUHAN telah menuntun aku di jalan ke rumah saudara-saudara tuanku ini!" (ay. 27).


Berapa kali di dalam alur pelayanan kita kepada Allah kita tidak menemukan kelancaran dan keberhasilan seperti ini? Di dalam mencari pasangan hidup kita jelas membutuhkan pertolongan Allah. Bagaimana? Ketika kita mencari dahulu kerajaan Allah dan kebenaranNya, semuanya ini akan ditambahkan kepada kita (Mat. 6:33).

RENUNGKAN

"Menolong diri sendiri dipadukan dengan pertolongan Allah merupakan pertolongan yang terbaik." (Timothy Tow).

DOAKAN

TUhan, kiranya aku selalu mencari Kerajaan-Mu. dam Kebenaran-Mu, dan menempatkan engkau sebagai yang Pert pertama di dalam

Last Updated on Wednesday, 21 April 2010 17:26
 
Share