PELAYANAN MALAIKAT PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Tuesday, 30 March 2010 15:44

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (50/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-50 dari 90 Hari)

 

PELAYANAN MALAIKAT

"Jangan menganggap rendah... anak-anak kecil...ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang..."


1 PETRUS 1:1-12
Matius 18:10

Mungkin ada pertanyaan, jika kita tidak boleh menyembah para malaikat, atau berdoa dengan cara bagaimanapun kepada mereka, apakah nilai dari doktrin bahwa mereka adalah "roh-roh yang melayani'? Untuk menjawabnya kita bisa berkata bahwa setidaknya ajaran Alkitab tentang pelayanan para malaikat merupakan pengayaan yang indah bagi konsep kita tentang pemerintah Allah atas dunia.


Di dalam frasa yang diterjemahkan menjadi "hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat" (1Ptr. 1:12), kata "hal-hal" adalah perkara-perkara keselamatan (ay. 10) dan kata diketahui," kata yang sama yang digunakan untuk mendeskripsikan tindakan Yohanes yang melihat (menjenguk) ke dalam kuburan yang kosong (Yoh. 20:5). Maka saya lebih suka menerjemahkan bagian ini menjadi, "Perkara-perkara keselamatan, yang ingin diperhatikan oleh para malaikat!"'Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikatmalaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat" (Luk. 15:10). Ada pemikiran yang sangat indah mengenai hubungan malaikat penjaga dengan anak-anak, yang disarankan di dalam perkataan Tuhan di Matius 18:10.


Pelayanan para malaikat berkaitan dengan kelahiran, sengsara, kebangkitan, kenaikan dan kedatangan kedua Kristus di dalam kemuliaan, begitu memperkaya presentasi Alkitab tentang peristiwa-peristiwa tersebut. Secara umum bisa dikatakan bahwa Allah memerintah bukan hanya dengan kekuatan-kekuatan kosmik yang tidak berpribadi, bukan sekedar dengan otomasi, melainkan pemerintahan Allah atas alam semesta melibatkan begitu banyak hubungan pribadi, yang sangat indah dan menggugah imajinasi kita.

RENUNGKAN
"Di bawah Kristus sebagai kepala, para malaikat adalah panjaga jemaat" (calvin).

DOAKAN

Bapa sorgawi, aku Bersyukur, kepada-Mu alas malaikat-malaikat pilihan-Mu yang menjaga kami

 
Share