PENCIPTAAN MALAIKAT PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Tuesday, 30 March 2010 15:35

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (49/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-49 dari 90 Hari)

PENCIPTAAN MALAIKAT

"Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani?"


IBRANI 1:1-14
1 Korintus 6:2-3


Kata untuk malaikat di dalam bahasa Yunani dan Ibrani, aggelos dan mal'ach berarti "utusan." Kata-kata ini menggambarkan fungsi utama dari makhluk roh tersebut.

á

Kapankah malaikat diciptakan? Alkitab tidak secara jelas mengatakannya. Yang kita ketahui adalah bahwa Lusifer, pemimpin malaikat-malaikat yang jatuh dalam dosa, muncul sebagai makhluk yang telah terjatuh ketika manusia masih berada di dalam Taman Eden (Yes. 14:12-15; Yeh. 28:12-19). Jika frasa, "segala yang dijadikan-Nya itu," di dalam Kejadian 1:31 berarti segala sesuatu tanpa terkecuali, maka kita harus menyimpulkan bahwa malaikat telah diciptakan di dalam kurun waktu enam hari penciptaan, tetapi bahwa kejatuhan Setan dan para malaikat yang jahat terjadi setelah pernyataan Allah bahwa -segala yang dijadikanNya itu, sungguh amat balk" (Kej. 1:31). Sejauh menyangkut ajaran Alkitab, penciptaan malaikat mungkin terjadi di suatu waktu selama kurun enam hari itu. Kejatuhan Setan pastilah terjadi antara akhir hari keenam dan pencobaan terhadap manusia di Taman Eden.


Malaikat adalah roh-roh yang melayani. Penulis surat lbrani mengatakan, -Bukankah mereka semua [malaikat-malaikat] adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?" (lbr. 1:14). Meskipun status manusia di dalam kehidupan ini adalah "sedikit lebih rendah daripada malaikat-malaikat," akan tetapi secara hakiki malaikat berada pada tingkatan yang lebih rendah daripada manusia yang telah ditebus di dalam pandangan yang utuh tentang rencana penebusan oleh Allah. Para malaikat, seperti ditunjukkan di atas, adalah "roh-roh yang melayani" kaum pilihan Allah dan, ketika Kristus tiba bersama kerajaan-Nya, orang-orang kudus yang bertahta bersama Dia, akan menghakimi para malaikat (1Kor. 6:2-3).


RENUNGKAN
"Para malaikat adalah pelayan-pelayan murka Allah, dan juga anugerah-Nya" (Calvin).

DOAKAN
Bapa sorgawi, utuslah malaikat-malaikatMuČ untuk melindungi anak-anak-Mu.

 
Share