PELAYANAN ROH KUDUS (II) PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Tuesday, 30 March 2010 14:16

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (38/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-38 dari 90 Hari)

PELAYANAN ROH KUDUS (II)

"la akan menginsafkan dunia akan dosa."

YOHANES 16:7-11
2 Timotius 1:13-14

Ketika Yesus menyelesaikan pelayanan-Nya di dunia, Dia akan mengambil tempat-Nya di sebelah kanan Bapa sebagai Perantara dan Pesyafaat bagi kita. Roh Kudus akan mengambil tempat-Nya di dunia sebagai Penasihat dan Pembimbing kita. Yesus menghibur para murid-Nya di dalam ucapan perpisahan, "Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila la datang, yaitu Roh Kebenaran, la akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab la tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan la akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. la akan memuliakan Aku, sebab la akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: la akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari padaKu" (Yoh. 16:12-15).


Yesus berkata tentang Roh Kudus, -Dan kalau la datang, la akan menginsafkan [mendakwa] dunia akan dosa, kebenaran [justifikasi] dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran [justifikasi], karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini [Setan] telah dihukum."


Seluruh perikop ini kaya dengan implikasi:

  1. Ketika kita memberitakan Injil, kita memiliki keyakinan bahwa Roh Kudus sendiri, Pribadi Allah, akan menumbuhkan keinsafan di dalam hati orang-orang yang mendengarkan. Dia akan menginsafkan dunia akan dosa dan akan ketidakpercayaan kepada Kristus.
  2. Justifikasi (pembenaran) berhubungan dengan karya Kristus yang telah diselesaikan.
  3. Penghakiman terakhir akan tiba dengan kepastian mutlak. Tuhan di sini memilih ciri-ciri dari penghakiman terakhir yang dinubuatkan di dalam Alkitab, penghakiman terakhir atas Setan sendiri (Why. 20:10). Orang Kristen hidup di dalam pandangan tentang peristiwa-peristiwa akhir zaman yang pasti, spesifik, dan diwahyukan—terbatas, tetapi dengan proporsi universal. Penghakiman-penghakiman Allah pasti akan tiba.


RENUNGKAN
"Memutar hati  manusia kepada Allah merupakan 4arya khusus Allah dengan pengaruh rahasia dari Roil Kudus: (calvin)

DOAKAN

"Berikanlah kuasa dari masa silam, kuasa Pentakosta!"

 
Share