PELAYANAN ROH KUDUS (I) PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Tuesday, 30 March 2010 14:01

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (37/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-37 dari 90 Hari)

 

PELAYANAN ROH KUDUS (I)

"Supaya la menyertai kamu selama-lamanya."


YOHANES 14:1-21
Roma 8:9

Aliran-aliran air hidup yang mengalir dari hati orangorang percaya dengan jelas menunjukkan kuasa Roh Kudus di dalam program misi di zaman ini. Saya yakin bahwa pemuliaan Tuhan Yesus, dari studi terhadap kata "mulia" di dalam Injil Yohanes, berarti pengorbanan diri-Nya di atas salib, dan penggenapan karya-Nya di dunia. Program misi di zaman ini, dan dalam hal ini pengaruniaan Roh Kudus, aliran-aliran air hidup itu, berawal pada hari Pentakosta.


Di dalam ucapan perpisahan-Nya, Tuhan banyak berbicara tentang pelayanan Roh Kudus.


"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan la akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya la menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab la menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu" (Yoh. 14:15-17).


Dalam perkataan ini kehadiran pribadi Roh sangat menonjol. Kehadiran-Nya yang tidak tampak oleh mata akan menggantikan kehadiran Yesus yang terlihat di antara murid-muridNya.


Terdapat pandangan klise yang populer, yang berdasarkan kesalahpahaman terhadap ayatayat ini, yang menyatakan bahwa Roh Kudus sejak hari Pentakosta berdiam di dalam orang-orang percaya, sedangkan di zaman Perjanjian Lama Dia hanya berdiam dengan atau di atas mereka. Fakta-fakta yang ada tidak mendukung pandangan ini. Roh berdiam di dalam Yosua (Bil. 27:18). Dikatakan tentang Israel di bawah pimpinan Musa bahwa Allah "menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka" (Yes. 63:11). "Roh-Ku tetap tinggal di tengah-tengahmu ['di dalam,' preposisi yang sama] Janganlah takut!" (Hag. 2:6). Di dalam ketiga teks ini preposisi "di dalam," kata Ibraninya beth, setara dengan kata Perjanjian Baru en. Roh Kudus Allah, sebagai Kehadiran Berpribadi, telah selalu dan akan selalu berada di dalam umat Allah, di dalam hati mereka dan pikiran mereka.

RENUNGKAN
sampai Roh teleh menjadi Pengajar kita,semua yang adalah kebodohan dan ketidaktahuan." (calvin)

DOAKAN
"Roh Allah yang hidup, tercurahlah ke atasku."

 
Share