KRISTUS ANAK ALLAH PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Tuesday, 30 March 2010 13:15

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (33/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-33 dari 90 Hari)

 

KRISTUS ANAK ALLAH

 

"Inilah Anak yang Kukasihi."


YOHANES 10:24-38

Matius 17:5

 

Kristus disebut 'Anak Allah"begitu banyak kali di dalam Perjanjian Baru. Teks utama untuk tema ini adalah Yohanes 5:18: "Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya...karena la mengatakan bahwa Allah adalah Bapa Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah." Penggunaan istilah "anak dari..."di dalam bahasa Ibrani bukan serta-merta menyatakan sub-ordinasi, melainkan menyatakan kesetaraan dan keidentikan di dalam natur. 'Anak Manusia", yang secara khusus diterapkan kepada Kristus di dalam Daniel 7:13 dan secara konstan di dalam Perjanjian Lama, pada hakikatnya bermakna "Sang Manusia yang Mewakili." Maka ketika Kristus berkata "Aku Anak Allah" (Yoh. 10:36). ini dipahami orang-orang di zaman tersebut sebagai penyamaan diri-Nya dengan Allah, setara dengan Bapa, dalam pengertian yang tidak berkualifikasi.


Peristiwa-peristiwa di mana perihal Kristus sebagai Anak Allah dinyatakan dari sorga, menurut catatan-catatan Injil memiliki arti penting yang sangat besar.

 

  1. Di saat pembaptisan-Nya. "Pada saat la keluar dad air. la melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Lalu terdengarlah suara dad sorga: 'Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi. kepada-Mulah Aku berkenan"' (Mrk. 1:10; bdk. Mat. 3:16,17; Luk. 3:21,22; Yoh. 1:32-34).
  2. Pada saat transfigurasi-Nya, "Dan tiba-tiba sedang is berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam avian itu terdengar suara yang berkata: 'Inilah Anak yang Kukasihi. kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia'" (Mat. 17:5; bdk. Mrk. 9:7; Luk. 9:35; 2Ptr. 1:17).
  3. Kembali pada kesempatan mengajar orang banyak, tidak lama sebelum penyalibanNya, Yesus berkata " 'Sekarang jiwa -Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa. selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini. Bapa, muliakanlah nama-Mu!' Maka terdengarlah suara dari sorga: 'Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi! "(Yoh. 12:27-28). Dalam peristiwa ini kata 'Anak" tidak digunakan, namun hubungan keanakan jelas ada di dalam ucapan Yesus yang ditujukan kepada "Bapa."


RENUNGKAN
Yasus hanya memiliki satu Bapa, (bukan Yusuf melainkan Allah Bapa di sorga, Pribadi Pertama dariTritunggal yang kudus.


DOAKAN
Bapa sorgawi,tolonglah aku. untuk menjadi anak-Mu yang Mat di dawn berjalan mengikuti teladan Anak tunggal-Mu,TuhanYesus Kristus.

 
Share