YESUS ADALAH ALLAH PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Sunday, 20 December 2009 19:06

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (30/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-30 dari 90 Hari)

YESUS ADALAH ALLAH

YOHANES 1:1-14
Kolose 2:9

"Firman itu adalah Allah."

 

 

Ketika Tomas, si peragu itu, melihat Tuhan yang telah bangkit, dia berseru, "Ya Tuhanku dan Allahku!"(Yoh. 20:28). Tidak ada keraguan mengenai fakta murid-murid pertama meyakini Yesus adalah Allah, dalam makna yang mutlak dari kata tersebut tanpa pembatasan atau penundukan. Paulus mendeskripsikan bahwa orang-orang kudus "menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus" (Tit 2:13). Bahwa nama "Allah" dikenakan kepada Yesus dalam teks ini adalah jelas. Adalah jelas di segenap Perjanjian Baru bahwa yang dinantikan adalah Kristus dengan penampakan-Nya yang mulia. Kristus Yesus adalah Allah dan Juruselamat kita yang agung.

Dengan ungkapan yang senada, Petrus merujuk kepada orang-orang yang telah memperoleh iman "di dalam pembenaran oleh Allah dan Juruselamat kita, Yesus Kristus." Dan dia meneruskan, "Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus, Tuhan kita"(2Ptr. 1:2). Paulus merujuk kepada Kristus di dalam kata-kata, 'Yang ada di atas segala sesuatu. la adalah Allah yang harus dipuji sampai selama-lamanya" (Rm. 9:5) Kembali Paulus merujuk kepada "kasih karunia Allah kita dan Tuhan Yesus Kristus" (2Tes. 1:12). Di dalam 2 Korintus 5:10 Paulus mengajarkan, "Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus..." Bapa telah menyerahkan segenap penghakiman kepada Kristus (Yoh. 5:22), sehingga nama Kristus dan Allah bisa dipakai bergantian di dalam pandangan Paulus.

Bukti kuat lainnya bagi kebenaran bahwa Yesus tidak lain adalah Allah sendiri terdapat di dalam Yohanes 1:1, "Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah," dan 1 Timotius 3:16, "Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: 'Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsabangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."'

RENUNGKAN
Jika Yesus bukan Allah, kita tetap adalah orang-ourang berdosa.

DOAKAN
terima kasih, ya Immannuel, karena Engkau sungguh adalah, Allah yang berserta dengan kami.

Last Updated on Wednesday, 03 February 2010 19:22
 
Share