TRITUNGGAL YANG KUDUS PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Sunday, 20 December 2009 18:57

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (28/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-28 dari 90 Hari)

TRITUNGGAL YANG KUDUS

KEJADIAN 11:7
Lukas 3:21-22

"Kudus, kudus, kudus."

 


Doktrin Tritunggal merupakan batu sandungan yang hebat bagi sebagian orang. Mereka menuduh orang-orang Kristen menyembah Allah-Allah yang baru  dan berbeda dari ajaran monoteistik Perjanjian Lama. Maka pertanyaan yang lazimnya muncul adalah "Apakah doktrin Tritungal diwahyukan di dalam Perjanjian Lama, ataukah hanya diwahyukan di dalam Perjanjian Baru?"

Allah yang diwahyukan di dalam Perjanjian Lama adalah Allah yang seutuhnya (dan tritunggal), meskipun tidak secara penuh diwahyukan demikian. Karena demikianlah halnya, adalah tidak terelakkan bahwa banyak hal di dalam Perjanjian Lama hanya bisa dipahami di dalam terang doktrin Tritunggal (yang sekarang diwahyukan secara lengkap). Sebagai contoh, di dalam Kejadian 1:1-3, kita bisa melihat rujukan-rujukan yang berbeda kepada Allah, Roh Allah dan Firman Allah. Di dalam Kejadian 1:26, Allah bermufakat dengan diri-Nya sendiri dan berbicara kepada diri-Nya sendiri tentang membentuk manusia -menurut gambar...kita." Bagaimana ini mungkin jika Allah bukanlah tiga sekaligus esa?

Maka meski orang percaya di Perjanjian Lama belum melihat manifestasi yang sedemikian penuh tentang tiga Pribadi seperti yang telah kita lihat (di dalam Kristus yang berinkarnasi, Roh Kudus yang dicurahkan ke atas kita di saat Pentakosta), akan tetapi tidak bisa disangkal bahwa Allah yang diwahyukan di dalam sejarah Perjanjian Lama (secara bertahap) adalah Allah yang sama dan bukan Allah lain. Mengenal bahwa Allah adalah demikian adanya, seperti kita mengenal-Nya sekarang, menjadikan fakta-fakta Perjanjian Lama masuk akal.
(G.I. Wiliamson)

RENUNGKAN
Firman Allah merupakan pewahyuan yang progresif tentang Allah.

DOAKAN
Kiranya aku mengasihi Perjanjian Lama maupun Periamjian Barn.

 
Share