ALLAH YANG ESA DENGAN TIGA PRIBADI PDF Print E-mail
Written by Terang Alkitab   
Sunday, 20 December 2009 16:41

MENGENAL ALLAH DAN FIRMANNYA (27/90)
Pedoman Saaat Teduh ( Hari Ke-27 dari 90 Hari)

ALLAH YANG ESA DENGAN TIGA PRIBADI
1 YOHANES 5:7-13
Matius 3:16-17

"Ketiganya adalah satu."

 

 

Katekismus Singkat Westminster Pertanyaan 5 mengatakan, "Apakah ada lebih dari satu Allah? "Jawab: "Hanya ada satu Allah, yang hidup dan sejati." Pertanyaan 6: "Ada berapa Pribadi di dalam Allah?" Jawab: "Ada tiga Pribadi di dalam Allah: Bapa, Anak, dan Roh Kudus; ketiganya adalah satu Allah, sama dalam subtansi, setara dalam kuasa dan kemuliaan."

Merupakan kebenaran yang hakiki bagi iman Kristen bahwa Allah adalah satu (esa) dan bahwa Allah bersubsistensi sebagai tiga Pribadi, masing-masing Pribadi adalah Allah. Natur tritunggal dari Allah merupakan sebuah misteri, tetapi orang-orang yang tidak beriman melihatnya sebagai kontradiksi. Harry E. Fosdick, seorang modernis yang terkenal dengan reputasi buruk, konon pernah berkata, "Doktrin Tritunggal merupakan kontradiksi dalam hal aritmatika." Tentu saja ini bukanlah pernyataan yang benar, karena tidak seorang pun dari kaum Trinitarian yang berpandangan bahwa pada saat yang sama dan dalam makna yang sama satu sama dengan tiga. Akan tetapi Alkitab jelas mengajarkan bahwa ada satu Allah, bukan tiga Allah, dan bahwa ada tiga Pribadi, dan masing-masing Pribadi adalah Allah.(hal ini dapat dijelaskan dalam digram ini)

Keberadaan Allah bersifat kompleks. Sebagai manusia yang terbatas, kita tidak pernah bisa sepenuhnya memahami Allah sampai tuntas. Spurgeon benar ketika mengatakan, "Makhluk yang terbatas yang ingin memahami Allah yang kekal dengan tuntas adalah seperti seekor lalat yang ingin mereguk habis air samudra" (UL. 29:29; Mzm. 145:3; Yes. 55:8-9; Rm. 11:33).

Sejarah pewahyuanlah yang memunculkan doktrin Tritunggal, bukan filsafat spekulatif. Doktrin Tritunggal yang Alkitabiah bisa diberikan garis besarnya dengan empat proposisi.
1. Allah adalah satu (esa),
2. Yesus adalah Allah.
3. Roh Kudus adalah Allah.
4. Ada tiga Pribadi di dalam hubungan subyek-obyek antara satu Pribadi dengan Pribadi-Pribadi lainnya di dalam Allah.
Teks bukti terjelas untuk doktrin Tritunggal adalah 1 Yohanes 5:7.

RENUNGKAN
Satu Allah dengan Tiga Pribadi adalah parkara yang ilahi, bukan perkara manusiawi maupun aritmatika.

DOAKAN
"Kudus, kudud, kudus, Tuhan Allah Mahakuasa. Allah dalam Tiga Pribadi, Tritunggal yang Kudus"

Last Updated on Sunday, 20 December 2009 18:31
 
Share