Penghalang Doa - I PDF Print E-mail
Written by DR S H TOW   
Wednesday, 21 April 2010 13:57

Penghalang Doa - I

  1. Kita jangan terus keras hati dan tidak mau mengakui dosa, "Jika aku mengagungkan dosa di dalam hatiku, Tuhan tidak akan mendengarkan aku" (Mazmur 66:18).
  2. Kita haruslah jangan memelihara suatu roh yang tak mau mengampuni. "Tetapi jika kamu tidak mengampuni orang atas kesalahan-kesalahan mereka, Bapamu pun tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu" (Matius 6:15).
  3. Kita jangan menggunakan pengulangan kata-kata sia-sia. Wujud yang umum dari “pengulangan yang sia-sia” adalah doa rosario. Rosario bukan suatu metoda Alkitabiah. Tuhan kita melarang penggunaannya. Ia berkata: "Ketika kamu berdoa, jangan menggunakan pengulangan yang sia-sia, seperti yang dilakukan penyembah-berhala: karena mereka berpikir bahwa [doa] mereka akan didengar karena banyaknya kata-kata mereka" (Matius 6:7). Doa rosario bersifat pengulangan sia-sia. Allah tidak tertarik akan pengulangan sia-sia. Rosario itu adalah suatu prakarsa mereka yang menyembah berhala. Itu tidak ada di dalam Alkitab. Ia dibuat oleh manusia dan yang dipaksakan oleh manusia. Orang Kristen perlu mematuhi Kristus dan bukan manusia.
 
Share