Gagal Berjaga-jaga & Gagal Berdoa PDF Print E-mail
Written by Peter Yoksan   
Friday, 05 October 2012 12:45

 

Ringkasan Khotbah 30 September 2012

Gagal Berjaga-jaga & Gagal Berdoa

Matius 26:69-75

Oleh: GI Peter Yoksan

Matius 26:34 Yesus berkata kepadanya, ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya malam ini, sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali.” Itulah yang terjadi pada Petrus di Matius 26:69-75. Penyangkalan Petrus di dalam Matius 26:69-75 urutannya dapat disingkat   menjadi  STU dimana  S: Sikap pura-pura  (ayat 69-70);   T: Tidak berani mengakuiYesus (ayat 71-74) dan  U: Ujung cerita yang amat menyedihkan (ayat 75).

 

Petrus yang setia mengikuti Yesus bias menyangkal Yesus karena ia telah gagal  di dalam berjaga-jaga dan berdoa (Matius 26:41). Ketika Yesus berdoa di Getsemani, Yesus 3 kali  memerintahkan Petrus berdoa tetapi 3 kali juga Petrus tidak berdoa melainkan tidur. Petrus bukannya tidak mengenal Yesus. Ia kenal baik Yesus tetapi ia menyangkal mengenal Yesus. Bukti Petrus mengenal baik Yesus adalah sbb: 1) Petrus mengenal Yesus sejak awal karena ia adalah salah satu murid pertama Yesus setelah saudaranya Andreas megenalkannya pada Yesus. (Matius 4:17-19); 2) Yesus menyembuhkan ibu mertua Petrus yang sedang sakit. Ini menunjukkan bahwa Yesus tidak hanya mengenal Petrus secara pribadi tetapi juga mengenal keluarga Petrus (Matius 8:14-15); 3) Petrus berjalan diatas air setelah ia meminta Yesus memberikan dia kuasa untuk berjalan di atas air (Matius 14:22-23); 4) Petrus memberi jawaban yang tepat bahwa Yesus adalah Mesias ketika Yesus menanyakan tentang pengenalan murid-murid atas diri-Nya. (Matius 16:16); 5) Petrus bersama Yakobus dan Yohanes menyaksikan Yesus berubah bentuk (tansfigurasi) dan berbicara dengan Musa dan Elia di Gunung Hermon (Matius 17:1-13).

Petrus yang sedemikian baik mengenal Yesus tetap menyangkal Yesus. Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita mengenal Tuhan kita dengan baik? Ada 4 alasan mengapa Petrus menyangkal Yesus, yaitu : 1) karena Petrus dikuasai oleh dunia (Matius 26:58); 2) karena Petrus sombong (Matius 26:33); 3) karena Petrus malas (Matius 26:40); 4) karena Petrus takut (Matius 26:69-75).

 

Matius 26:75, Petrus sangat menyesal, bahkan ia menangis dengan sedihnya setelah menyadari kesalahan yang telah ia lakukan. Itu merupakan sebuah titik balik perjalanan iman  Petrus. Petrus menulis Kitab I-II Petrus dan memback-up muridnya Markus di dalam menulis Injil Markus. Lihatlah perubahan yang terjadi pada Petrus setelah ia menyadari kesalahannya dan bertobat. Ia menjadi orang yang bertolak-belakang dengan sebelumnya, dengan 4 kriteria sbb:

 

1) Petrus dikuasai oleh Roh Kudus

Surat I dan II Petrus menunjukkan bahwa Petrus telah berubah dalam iman, ia tidak lagi dikuasai oleh dunia. Di I Petrus 2:11 ia menasehatkan kita untuk menjauhkan diri dari keinginan-keinganan daging yang melawan jiwa karena kita ini hanyalah pendatang dan penegembara di dunia ini.

 

2)  Petrus menjadi rendah hati

Petrus mengajarkan kita supaya jangan sombong. I Petrus 5:5, ia menasehatkan kita, “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengsihi orang yang rendah hati.”

3) Petrus menjadi rajin

Kisah Para Rasul 1:12-14. Petrus tidak lagi malas tetapi ia senantiasa berdoa bersama saudara-saudara seiman yang lain (Kisah 1:12-14). Kisah pasal 2-12 adalah bukti pelayanan Roh Kudus melalui Petrus yang rajin.

 

4) Petrus menjadi pemberani

Petrus menjadi salah satu murid Yesus yang berani memberitakan Firman Tuhan dan memberikan kesaksian tentang Yesus. Puncak keberanianya adalah ketika ia berani meninggalkan pekerjaannya sebagai penjala ikan untuk mengikuti Yesus menjadi penjala manusia. Ia berani ditangkap dan dipenjarakan, bahkan sejarah mencatat ia mati disalibkan dengan posisi terbalik.

 

Kiranya kita dapat mengikuti teladan Petrus. Bukan Petrus yang dikuasai dunia, sombong, malas dan penakut tetapi Petrus yang telah lahir baru yaitu yang dikuasai oleh Roh Kudus, rendah hati, rajin dan pemberani dalam memberitakan Firman Tuhan. Amin.

 

(Diringkas Indriyanti, diedit Pipit MJ)

 

Last Updated on Friday, 05 October 2012 12:46
 
Share