MUJIZAT DI KOTA NAIN PDF Print E-mail
Written by Pendeta Elyakin Phang   
Thursday, 29 December 2011 17:16

 

Ringkasan Khotbah 17 April 2011

Mujizat di Kota Nain

Lukas 7:11-17

Oleh: Pdt. Elyakin Phang

Minggu ini adalah minggu kesengsaraan tetapi tema khotbah hari ini tentang Mujizat di Kota Naim. (Lukas 7: 11-17). Di dalam ke 4 injil ini telah di sebutkan ada 3 orang yg telah di bangkitkan yaitu : 1) Putra Tunggal Janda di Kota Naim; 2) Matius 9 :9-13: Tuhan Yesus membangkitkan Putri Kepala Yairus; 3) Yohanes 11: 1-57: Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus yang sudah mati 4 hari  di mana tubuhnya mungkin mulai membusuk. Dalam ke 3 hal ini mereka semua yg mengalami mujizat mempunyai latar belakang yang berbeda-beda.. Putri Yairius baru mati dan kemudian datang Tuhan Yesus menbangkitkan dia. Lazarus dibangkitkan dan di panggil keluar dari kubur. Anak muda Naim sedang menuju ke pemakaman. Tidak perduli berapa lama manusia sudah mati, mereka dapat dibangkitkan Yesus karena Dia adalah Allah mahakuasa walaupun sudah mati ribuan tahun.

Dari peristiwa pembangkitan Tuhan Yesus dalam (Lukas 7:11-17)ada 4 orang disini yang dapat kita ambil pelajaran rohani nya.: 1)  Orang yang sudah mati;orang Kristen yang tidak sungguh-sungguh percaya pada Tuhan dan tidak mempunyai nyawa rohani. 2) Janda seperti orang Kristen punya nyawa tapi hatinya selalu sedih dan selalu kecewa atau gagal; 3)Pengusung Jenazah melambangkan orang yang percaya Yesus yang rela menanggung beban orang lain dan bersedia berkorban; 4) Orang yang melayat untuk menonton.

1. Orang yang sudah mati dan orang hidup tetapi mati rohani

Orang yang sudah mati itu adalah seorang yang masih muda/remaja. Ia adalah putra tunggal dari seorang janda. Perasaannya tidak lengkap karena tidak mengalami kasih persaudaraan dan mungkin saja ia kesepian. Alkitab tidak sebut namanya dan latar belakang pendidikan dan pekerjaannya. Karena umurnya yang masih muda ia telah mati maka ini mengingatkan kita bahwa hidup manusia itu singkat. Mazmur 90 dan Yakobus 4:14 memberitahukan kita bahwa hidup manusia itu 70 tahun dan kalau dia kuat maka ia bisa mencapai 80 tahun. Orang yang sudah mati itu tidak bisa bernafas, bergerak dan makan. Ia melambangkan orang yang mati rohani. Oleh sebab itu, semasa muda haruslah mengingat Penciptanya (Pengkhotbah 12:1). Yang belum percaya Tuhan Yesus segeralah percaya hari ini. Jangan tunda-tunda lagi. Kalau sudah percaya Yesus maka kita tidak akan takut pada kematian lagi karena kita tahu bahwa kita akan ke sorga.

2. Janda ditinggal mati oleh putra tunggalnya dan orang percaya yang sedih

Ia pastilah seorang yang sangat patut dikasihani karena putra satu-satunya yang merupakan harapan hidupnya telah mati. Ia pasti mengalami kesedihan dan penderitaan yang sangat besar. Hidup manusia selalu akan diliputi kesedihan dan masalah karena dosa dan Iblis yang selalu berusaha untuk menjatuhkan manusia. Mazmur 14:3-4 dan Mazmur 84:13 mengajarkan agar kita bersandar kepada Tuhan supaya kita memiliki pengharapan. Bersandarlah pada Tuhan baru hidup kita mempunyai pengharapaan (Lukas 7:13 Mat 5: 4).

3.   Manusia yang memuliakan Allah dan orang percaya yang taat

Orang percaya adalah orang yang bersandar kepada Yesus yang mempunyai 3 gelar yaitu Nabi, Imam dan Raja. Setelah mereka menyaksikan kebangkitan anak muda itu mereka melihat kemuliaan TUHAN. Kemuliaan ini juga yang harus kita sebarkan karena: 1) Allah mengasihi manusia dengan membangitkan putra tunggal janda membuktikan bahwa Allah mengasihi manusia termasuk saya dan saudara. 2) Setelah kita menyambut kasih Allah maka kita juga harus membagikan kasih Allah melalui Injil kepada keluarga dan kenalan kita sehingga semakin banyak manusia percaya dan menjadi anak-anak Allah.           (Diringkas oleh Ereen, diedit oleh Pipit MJ)

 

 

Last Updated on Thursday, 29 December 2011 17:19
 
Share