Tuhan Yesus Mengundang Kita Semua PDF Print E-mail
Written by Ajin Thu   
Thursday, 29 December 2011 16:19

 

Ringkasan Khotbah 30 Januari 2011


Tuhan Yesus Mengundang Kita Semua

Matius 11:28-30

Oleh: GI Ajin Thu


Catatan tentang undangan Tuhan Yesus hanya ada di dua Injil yaitu Matius 11:28-30 dan Lukas 10:21-22. Tuhan Yesus mau murid-murid-Nya mimiliki sifat rendah hati. Tuhan Yesus dengan jelas memberitahukan dalam Yohanes 14:9 bahwa Bapa dan Anak adalah satu. Allah adalah yang benar. Kita tahu bahwa Allah itu benar dari bangsa-bangsa, ciptaan-Nya dan Alkitab. Alkitab adalah Firman Allah yang memberitahkan kita tentang Allah. Alkitab memberitahukan kita bahwa Tuhan Yesus adalah satu-satunya Juruselamat. Tuhan Yesus bukan hanya memberikan kita keselamatan tapi juga kepuasan dan kehidupan kekal, kebaikan hidup an kekuatan. Tuhan Yesus mengundang semua orang yang berusaha mencari Allah, kebenaran dan perbuatan baik. Ada 3 undangan Tuhan Yesus, yaitu:

1. Kita diundang untuk datang kepada Yesus. Undangan ini ditujukan kepada semua yang letih lesuh dan yang mencari kebenaran karena Ia dapat mengatasi semua beban kita. Jikalau kita telah letih mencari kebenaran dan belum mendapatkan keselamatan, datanglah kepda Tuhan Yesus maka kita akan menemukannya karena hanya dengan mengakui dosa dan menerima Ia sebagai Tuhan dan Juruselamat maka kita akan diselamatkan. Tuhan Yesus dari sejak lahir sudah mengalami penderitaan sampai Ia mati. Saat ini, jika kita mengalami masalah yang mungkin orang lain tidak tahu dan kita tidak bisa selesaikan, datanglah kepada Yesus. Ia Maha Tahu dan akan menyelesaikan masalah kita.

2. Kita diundang untuk memikul Kuk Yesus. Kuk adalah sesuatu yang dipakai untuk membajak sawah. Di sini, Yesus memakai istilah kiasan untuk mengajar kita supaya kita menyerahkan diri kita kepada-Nya dan supaya dikontrol melalui Firman-Nya. Ia mengetahui kelemahan kita.  Kuk yang dipasang Tuhan Yesus adalah kuk yang enak, cocok dan pas. Dalam bahasa Yunaninya kuk adalah  krestos. Kuk itu artinya Tuhan memberikan kita tugas dan beban kepada kita sesuai dengan kemampuan kita. Dan itu pasti cocok dan pas untuk kemampuan kita. Tuhan Yesus mengatakan bahwa bebannya ringan karena kasih-Nya itu membuat beban dari-Nya menjadi ringan. Jika kita memandang kepada Tuhan dengan kasih maka kita akan menaati-Nya. Jika Tuhan Yesus tidak menanggung dosa kita, maka setiap kita harus memikul salib. Hari ini, Tuhan Yesus  mengundang kita untuk menaati-Nya dengan sukacita. Sudahkan kita memikul kuk untuk Yesus? Marilah kita memikul Kuk Tuhan Yesus dengan penuh komitmen dan penyerahan.

3. Kita diundang untuk belajar dari Yesus. Yesus adalah adalah guru yang sempurna. Apa yang diucapkan Ia  berlaku dan sempurna. Dari Injil Matius sampai Yohanes, kita tidak menemukan satupun kelakuan Yesus yang tidak sempurna atau yang tidak baik. Bahkan pada waktu Ia diadili, tidak ada kesalahan-Nya yang ditemukan. Ia adalah guru yang teragung. Oleh sebab itu kita harus belajar dari kehidupan Yesus dan menjadi seperti Yesus. Kita harus makin serupa dengan Yesus. Ia adalah dasar iman, kepercayaan, praktek dan pelayanan, dan doktrin kita. Meskipun sekarang Ia tidak ada lagi secara fisik tetapi Firman-Nya ada pada kita. Marilah kita menggunakan waktu kita dengan baik untuk mempelajari Firman Tuhan agar kita bisa belajar semakin serupa Yesus.  Firman Tuhan mengatakan bahwa jikalau seorang murid belajar, maka ia akan sama seperti gurunya. Jika kita belajar Firman Tuhan dan mengajarkan kepada orang lain, maka mereka juga mendapatkan berkat dari Tuhan.

Pagi ini, kita telah ke gereja, itu berarti kita telah memenuhi undangan Tuhan Yesus. Semoga kita mengerti dan melakukan apa yang telah kita dengar dari Firman Tuhan. Amin.

Diringkas oleh Elizabeth Elson, diedit oleh Pipit MJ

 

Last Updated on Thursday, 29 December 2011 16:20
 
Share