"7 Gelar Yesus Dalam Yesaya 9 Bagian 1" PDF Print E-mail
Written by Peter Yoksan   
Saturday, 06 August 2011 17:44

Ringkasan Khotbah 20 Desember Tahun TUHAN 2009

 

GELAR-GELAR  TUHAN  YESUS  KRISTUS (Bagian I)

Teks: Yesaya 9:5-6

Pengkhotbah: GI Peter Yoksan

 

Di dalam keseluruhan Kitab Suci terdapat kurang lebih 365 gelar Tuhan Yesus. Yesaya 9:5-6, ada 7 gelar Tuhan Yesus yang akan kita pelajari, yaitu:

1. Anak/Putra;
2. Pemerintah;
3. Ajaib;
4. Penasehat;
5. Allah Yang Perkasa;
6. Bapa Yang Kekal;
7. Raja Damai.
 

Ayat 5, “Sebab seorang anak telah dilahirkan untuk kita …..” Jikalau kita membaca ayat Firman Tuhan yang dimulai dari kata “sebab” maka kita harus melihat ayat-ayat sebelumnya. Apa yang menyebabkan Allah memberikan seorang anak kepada kita? Di situ dikatakan “telah dilahirkan untuk kita” padahal anak itu belum lahir waktu Kitab Yesaya ditulis. Anak itu akan lahir 750 tahun kemudian. (Mikha 5 menubuatkan bahwa Ia akan dilahirkan di Kota Bethlehem). Di hadapan Allah, apapun yang telah direncanakan sudah pasti akan terjadi.


1.      Gelar I: Anak/Putra

Yang akan melahirkan anak itu adalah seorang perawan muda. Hal itu telah dinubuatkan di dalam Kej. 3:15 & Yesaya 7:14. “Seorang anak telah dilahirkan untuk kita, seorang putra telah diberikan untuk kita….” Kata “kita” di sini adalah semua manusia. Jadi Allah memberikan semua manusia seorang putra. Natal yang sesungguhnya adalah apakah kita telah menerima putra itu yaitu Yesus Kristus. Yesus Kristus adalah “Putra Allah yang telah menjadi putra manusia, supaya kita anak-anak manusia dapat menjadi anak-anak Allah.” Cara supaya kita dapat diterima menjadi anak-anak Allah yaitu dengan menyerahkan dosa-dosa kita baik itu dosa turunan maupun dosa pribadi untuk dihukum di atas kayu salib. Yesus yang tidak berdosa telah mati untuk dosa kita. Dan telah bangkit pula untuk kita. Putra Allah menjadi putra manusia untuk mati demi dosa-dosa kita.


2. Gelar II: Pemerintah

Ayat 5, “ …lambang pemerintahan ada di atas  bahunya…..” Kata ‘bahu” adalah kata yang menarik dalam bahasa Ibrani. Kata ini bunyinya sama dengan kata “Sikhem.” Kerajaan Israel dan Kerajaan Yehuda terdapat banyak kota yang dimulai dengan huruf  “s”, misalnya misalnya kota Sidon, Silo, Sikhem dsb. Lambang pemerintahan ada di atas kota Sikhem. Kota Sikhem adalah ibukota Negara Utara. Nabi Yesaya hidup pada zaman Kerajaan Israel telah terpecah menjadi dua. Bahkan tidak lama setelah itu Kerajaan Utara akan dimusnahkan oleh Tuhan. Yesaya memberitahukan bahwa lambang pemerintahan ada di atas bahu Yesus karena Sikhem akan musnah. Pemerintahan itu, yaitu pemeritahan Yesus akan bertahan selama-lamanya.


Di dalam doa Bapa Kami, dikatakan ..”dimuliakanlah nama-Mu.” Untuk memuliakan Tuhan maka kita harus mengerti gelar-gelar Tuhan Yesus. Semua gelar Tuhan Yesus adalah gelar yang layak. Pada waktu kita sebut Dia sebagai “putra  manusia” maka Yesus adalah betul-betul telah menjadi manusia. Yesus juga adalah “pemerintah” karena Dia bukan hanya akan menjadi Tuhan tetapi Dia juga akan menjadi raja yang memerintah selama-lamanya (II Samuel 7:13). Yesus adalah Putra Daud yang kerajaan-Nya akan beribukota di Yerusalem yang berarti kota damai.


Jikalau Tuhan menghendaki, ke lima gelar Tuhan Yesus yang selanjutnya (Ajaib, Penasehat, Allah Yang Perkasa, Bapa Yang Kekal & Raja Damai) akan kita pelajari pada kbotbah-khotbah dalam Ibadah Natal dan ibadah lainnya.  

            Diringkas oleh PMJ

Khotbah Gembala Sidang menjelang Natal  

Last Updated on Saturday, 06 August 2011 20:25
 
Share