Yohanes 3:16 PDF Print E-mail
Written by Pdt Elyakin Phang   
Saturday, 06 August 2011 17:43

Ringkasan Khotbah 13 Desember 2009

BEGITU BESAR KASIH ALLAH AKAN DUNIA INI

Teks: Yohanes 3:16

Pengkhotbah: Pdt. Elyakin Phang

Ada seorang pengemis tanpa nama dan yatim piatu yang bertemu dengan seorang pendeta, kemudian diangkat menjadi anak oleh pendeta itu dan diberi nama Yohanes 3:16. Setelah dewasa pengemis itu akhrinya mengerti arti nama Yohanes 3:16 yang dia terima dan menjadi seorang penginjil yang setia.

Ada 4 poin kasih Allah yang terkandung di dalam ayat Yohanes 3:16, yaitu:

  1. Kasih Allah yang besar dan ajaib

Kasih manusia adalah kasih ‘karena” dan bersyarat. Namun kasih Allah adalah kasih yang sungguh besar dan ajaib sehingga Ia mengutus Putra Tunggal-Nya untuk menebus dosa manusia. Kasih Allah tidak bersyarat dan tanpa pamrih. Efersus 3:18, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus.

  1. Kasih Allah dinyatakan di kayu salib

Dengan memberikan Putra Tunggal-Nya kepada kita, itu adalah pengorbanan yang paling besar. Di dunia ini tidak ada orang yang memberikan hadiah berupa anak sendiri kepada orang lain. Allah mengutus Yesus Kristus mati di kayu salib adalah kasih yang dinyatakan. Allah terlebih dahulu mengasihi kita. Yesus Kristus adalah hadiah paling berharga yang Allah berikan kepada umat manusia.

  1. Kasih Allah yang sangat agung

Barang siapa yang percaya kepada Yesus tidak aka binasa. Ini mencakup semua umat manusia, tidak terkecuali suku atau bangsa apapun dia. Tuhan memanggil seluruh umat manusia untuk percaya kepada Yesus. Syaratnya sangat sederhana yaitu dengan mengaku di mulut dan percaya di dalam hati maka akan selamat. Berita ini adalah untuk semua umat manusia karena Tuhan tidak ingin seorangpun binasa.

  1. Kasih Allah yang menyelamatkan dari bahaya maut

Binasa artinya mati, bukan hanya mati tubuh tetapi roh juga akan menderita selama-lamanya. Markus 9:48 mengatakan di sana ulat-ulatnya tidak pernah mati dan apinya tidak pernah padam. Penderitaan dan siksaan di neraka tidak pernah habis. Manusia yang masuk ke tempat itu ingin mati tapi tidak bisa, ingin hiduppun tidak bisa. Tetapi yang percaya Yesus akan terhindar dari kebinasaan seperti itu.

Masa natal adalah masa pemberian hadiah. Tetapi hadiah yang terbesar yaitu Yesus Kristus dari Allah, apakah telah saurdara terima? Jikalau ya, maka kita adalah orang yang paling berbahagia dan saudara harus membaca Yohanes 3:16 dengan memasukkan nama saudara ke dalamnya sehingga berbunyi, “Karena begitu besar kasih Allah akan [nama saudar] sehinga Ia telah mengaruniakan Putra-Nya yang tunggal supaya [nama saudara] yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.” Dengan demikian saudara akan merasakan kasih Allah yang begitu besar kepada saudara.

Bagi yang telah menerima hadiah terbesar Allah yatiu percaya Yesus maka rajin-rajinlah berdoa dan membaca Kitab Suci. Giatlah di dalam pengabaran Injil dan pelayanan sampai saudara berjumpa muka dengan Tuhan. Amin!

(Diringkas oleh Ango, diedit oleh PMJ)

Last Updated on Thursday, 25 August 2011 05:27
 
Share