Masa Kanak-kanak Yesus PDF Print E-mail
Written by GI. Pieter Yoksan   
Sunday, 30 August 2009 08:25

VI. Masa Kanak-kanak Yesus


19. Masa Kanak-kanak di Nazaret

Lukas 2:40

40Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.

20. Paskah di Yerusalem

Lukas 2:41-50

41Tiap-tiap tahun orang tua Yesus pergi ke Yerusalem pada hari raya Paskah. 42Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu. 43Sehabis hari-hari perayaan itu, ketika mereka berjalan pulang, tinggallah Yesus di Yerusalem tanpa diketahui orang tua-Nya. 44Karena mereka menyangka bahwa Ia ada di antara orang-orang seperjalanan mereka, berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya, lalu mencari Dia di antara kaum keluarga dan kenalan mereka. 45Karena mereka tidak menemukan Dia, kembalilah mereka ke Yerusalem sambil terus mencari Dia. 46Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka. 47Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya. 48Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya: “Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau.” 49Jawab-Nya kepada mereka: “Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?” 50Tetapi mereka tidak mengerti apa yang dikatakan- Nya kepada mereka.

21. Masa Tenang di Nazaret

Lukas 2:51-52

51Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya. 52Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

 

1 Ukupan diterjemahkan dari thumiama (Yunani) dan incense (Inggris).
2 Mezbah diterjemahkan dari thusiasterion (Yunani) dan altar (Inggris).
3 Penglihatan diterjemahkan dari optasian (Yunani) dan vision (Inggris).
4 Kesukaan besar, kabar gembira dan Injil diterjemahkan dari euanggelion (Yunani) dan glad tiding, good news, gospel (Inggris).

 

Last Updated on Tuesday, 16 February 2010 17:11
 
Share